10 Website tertua di dunia maya


Ass. Wr. Wb. Karena ini post blog pertama saya di tahun 2016 jadi, saya ingin memberikan artikel yang sangat menarik khususnya bagi pengguna internet aktif. Kalian pasti tidak asing dengan kata website. Begitu banyak website yang cukup familiar dengan kita saat ini. Tapi website apa saja yang sudah ada sejak awal mula internet ditemukan? Berikut adalah 10 website paling tua yang pernah ada.


1.       Symbolic.com, kontennya dari Blog

Website ini didaftarkan sejak 15 Maret 1985. Symbolic.com dimiliki seorang yang bernama Aron Maystedt. Kontennya berupa bisnis dan kesehariannya. Sepertinya sang pemiliki ingin mengabadikan ide dan pikirannya di web yang pertama kali online ini.



2.        BBN.com, Web penelitian

Sama seperti Symbolic.com, BBN.com dilahirkan pada tahun 1985, tepatnya 24 April 1985. Website ini memuat  layanan yang berkaitan dengan penelitian dan pengembangan. BBN.com telah menunjukkan kepiawaiannya dalam bidang teknologi dengan menjadi pemilik website nomor dua tertua di dunia.


3.       Think.com, Web dari Oracle

Website ini sudah ada sejak 24 Mei 1985. Think.com adalah website yang berdiri di bawah naungan yayasan Oracle Think Quest. Kontennya berisi tentang seluk-beluk pendidikan dan program yang mereka tawarkan.


4.       MCC.com, Informasi buat pelajar

MMC.com merupakan website bagi para pelajar yang ingin mencari informasi tentang jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Website ini sudah ada sejak 11 Juli 1985. Dulu website ini tergolong cukup popular. Tentu saja, waktu itu belum banyak pesaing seperti sekarang, di mana website tentang pendidikan sudah tak terhitung lagi banyaknya.


5.       DEC.com, Milik Hewlett Packard?

Peringkat kelima diduki oleh website yang ada sejak 30 September 1985, yaitu DEC.com. Saya tidak tahu pasti siapa pemilik website DEC.com ini. Tetapi, jika kita mengetik DEC.com, maka yang muncul adalah website milik Hewlett Packard Company. Jadi kemungkinan website ini milik Hewlett Packard.


6.       Northrop.com, Web keamanan global

Website ini adalah milik sebuah perusahaan yang focus di bidang keamanan global. Jika sekarang di akses, maka akan merujuk pada perusahaan yang berhubungan dengan sistem informasi, ruang angkasa dan elektronik. Northrop.com sudah teregistrasi sejak 7 November 1985.


7.       Xerox.com, Milik perusahaan fotokopi

Saya kurang mengerti dengan website yang satu ini. Tapi, Website yang bergerak di produk percetakan, fotokopi dan software ini, sudah mendaftarkan websitenya sejak 9 Januari 1986. 


8.       SRI.com, Web institusi riset

Website ini dibuat untuk tujuan nirlaba. Mereka sudah terdaftar sejak 17 Januari 1986.Website ini merupakan institusi independen yang tak terlibat dengan bisnis komersial. Namun, jika kini mengaksesnya, tertulis bahwa SRI International merupakan institusi riset dan pengembangan bagi pemerintah dan bisnis.


9.       HP.com, Web company

Begitu kamu membaca HP.com, maka yang muncul di benak kamu pasti perusahaan laptop dan computer. Betul, HP.com adalah website milik Hewlett Packard yang sudah ada sejak 3 Maret 1986. Website ini masih tetap eksis sampai sekarang. Kontennya adalah seputar profil perusahaan, sejarah serta informasi produk dan layanan terkini.


10.   Bellcore.com, Web telekomunikasi

Di urutan ke-10 website tertua, diduduki oleh Bellcore.com. Bellcore.com merupakan sebuah website resmi perusahaan bidang telekomunikasi. Mereka menawarkan layanan telekomunikasi untuk pelanggan. Domain website ini sudah didaftarkan sejak 5 Maret 1986.




Itulah tadi 10 website tertua di dunia maya. Terima kasih atas perhatiannya dan jangan lupa bookmark dan beri saran atas artikel yang saya tulis ini.

Wass. Wr. Wb.

Comments